Ketua KPU Polewali Mandar : Ada DUTA KPU di PEMILU 2011

Ketua KPU Polewali Mandar, Usman Suhuriah, S. Pd menerima usulan adanya Duta KPU di Pemilu 2011. Saran tersebut didapat dari salah seorang sahabat beliau Sulihin Azis, S. Sos yang merupakan salah satu mantan anggota KPU kabupaten Polewali Mandar saat menghadiri kegiatan Orientasi Perumusan Strategi Sosialisasi pada tanggal 25 Nopember 2010 di Café Buana, Binuang., kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan KPU Polewali Mandar sebelum menghadapi Pemilukada 2011.

Tampil sebagai Pemateri adalah Usman Suhuriah, S. Pd (Ketua KPU Polewali Mandar) Amiluddin Atjo (Divisi Sosialisasi KPU Polewali Mandar), dan Sulihin Azis, S. Pd ( Mantan Anggota KPU Polewali Mandar bagian Divisi Sosialisasi). Orientasi/internalisasi Perumusan strategi sosialisasi diikuti oleh Seluruh Anggota dan Staf  Sekretariat KPU Polewali Mandar.

Ketua KPU Polewali Mandar, Usman Suhuriah, S. Pd, dalam sambutannya pada saat membuka acara menyatakan  “tujuan dari acara ini Selain dari kesadaran kita dalam menanggung beban kerja yang professional, maka dibutuhkan upaya atau strategi-strategi untuk dapat dijadikan  bahan pengevaluasian kembali hal-hal yang dapat memungkinkan kesuksesan Pemilu, dengan mempertahankan strategi lama dan kemudian mendapatkan masukan strategi  baru”.

Instrumen Sosialisasi, Lanjut Usman Suhuriah, S. Pd (Ketua KPU Polewali Mandar) mengungkapkan bahwa pengembangan metode perencanaan Sosialisasi dengan menggunakan beberapa media untuk menarik perhatian masyarakat. Akan tetapi sosialisasi tidak harus mengajak masyarakat dengan melakukan kegiatan yang sifatnya monolog, tapi tanpa interaksi namun dapat dilakukan dengan tekhnik dokumentasi, yang jelas bahwa materi sosialisasi sifatnya adalah “Baku”. Terangnya.

Dalam waktu dekat ini KPU Kabupaten Polewali Mandar juga akan menyusun draf menyangkut modul pembelajaran dan bacaan dalam rangka melakukan sosialisasi pendidikan pemilih. Ketua KPU Polewali Mandar  menyampaikan rasa terima kasihnya secara khusus kepada mantan anggota KPU Kab. Polewali Mandar  Sulihin Azis, S. Sos atas partisipasinya untuk hadir dalam acara tersebut.

Dalam acara tersebut Sulihin Azis, S. Sos menjelaskan “sosialisasi sangat tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan pemilih, karena merupakan metode, yang kontenya adalah pendidikan pemilih. karena dengan menyorot pendidikan pemilih, maka akan lebih tegas kepada hal-hal yang begitu ringan. Dengan mengetahui banyak hal-hal yang sangat baru yang sifatnya surprise kepada masyarakat dalam mensosialisasikan pemilu, untuk itu KPU harus mengadakan upaya pengangkatan orang luar yang hanya dari tingkat penyelenggara pemilu untuk dijadikan “relawan” yang dapat digunakan sebagai Posko Pemilu, namun dibekali sebuah “Buku Pintar” dengan tambahan pemahaman pemilu dari KPU.

Saran tersebut kemudian ditanggapi dengan baik oleh seluruh anggota KPU Kab. Polewali Mandar, karena menurut ketua KPU Polewali Mandar, Usman Suhuriah, S. Pd “kinerja KPU dalam hal Peningkatan Kapasitas Pelayanan Masyarakat dapat terbantu dengan adanya Relawan tersebut, sebagai langkah awal kami akan mencoba membuat sebuah rancangan baru dalam interpensi sosialisasi dengan membentuk kader-kader dari setiap kecamatan menjadi seorang Agen Informasi Pemilu yang disebut sebagai “DUTA KPU”. Papar ketua KPU Kab. Polewali Mandar  Para Duta KPU tersebut dapat di rekrut dari Siswa-Siswi dan Mahasiswa yang berprestasi disekolah dan kampusnya masing-masing, yang tugas mereka nantinya adalah menyampaikan informasi seputar masalah kepemiluan, namun diharapkan  Rencana Pengadaan Duta KPU tersebut tidak terhambat oleh masalah anggaran pemilu dalam hal ini sekretariat harus sigap menanggapi usulan tersebut. Sntu/media centre

1 Comment

  1. http://cagubsulbar.tk


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s