Orang yang pertama dihukum di Akhirat

Rasulullah s.a.w. bersabda: “Pada hari kiamat Allah akan menghukum semua makhluk dan semua makhluk tertekuk lutut. Pada hari itu orang yang pertama sekali akan dipanggil ialah orang yang mengerti Al-Quran, kedua orang yang mati fisabilillah dan ketiga ialah orang kaya.

Allah akan bertanya kepada orang yang mengerti Al-Quran: “Bukankah Aku telah mengajar kepadamu apa yang Aku turunkan kepada utusan-Ku?. Orang itu menjawab: “Benar Ya Tuhanku. Aku telah mempelajarinya di waktu malam dan mengerjakannya di waktu siang.” Allah berfirman: “Dusta! Kamu hanya mahu digelar sebagai Qari dan Qariah, malaikat juga berkata demikian.” Datang orang kedua, lalu Allah bertanya: “Kenapa kamu terbunuh?.” Jawab orang itu: “Aku telah berperang untuk menegakkan agama-Mu.” Allah berfirman: “Dusta! Kamu hanya ingin disebut pahlawan yang gagah berani dan kamu telah mendapat gelaran tersebut, malaikat juga berkata demikian.”

Kemudian datang orang ketika pula: “Apa kamu buat terhadap harta yang Aku berikan kepadamu?.” Jawab orang itu: “Aku gunakan untuk membantu kaum keluargaku dan juga untuk bersedekah.” Lantas Allah berfirman: “Dusta! Kamu hanya ingin disebut dermawan dan kamu telah dikenali, malaikat juga berkata demikian.” Sabda Rasulullah s.a.w. lagi: “Ketiga-tiga orang inilah yang pertama-tama akan dibakar dalam api neraka.”

1 Comment

  1. Kalau begitu cara hisab kita kelak, berapa lama waktu yang di perlukan untuk menghisab seluruh manusia sepanjang zaman, dari nabi Adam sampai akhir zaman. Tidak demikian yang sebenarnya saudara ku, di hari itu (hari kiamat) manusia tidak akan di tanya lagi tentang dosa nya, lihat surat Ar Rahman (55) ayat 39 فَيَوْمَئِذٍ لَا يُسْأَلُ عَنْ ذَنْبِهِ إِنْسٌ وَلَا جَانٌّ Pada waktu itu manusia dan jin tidak ditanya tentang dosanya. Karena kita akan menerima kitab hasil perbuatan kita yang sudah di pisah dalam 2 kelompok besar, yaitu kitab ‘illiyyiin dan kitab Sijjin. Kitab ‘illiyyiin akan di berikan kepada calon penghuni surga sedangkan kitab Sijjin akan di berikan kepada calon penghuni neraka.

    Dijelaskan lagi dalam Surat Al Jaatsiyah ayat 28 وَتَرَىٰ كُلَّ أُمَّةٖ جَاثِيَةٗۚ كُلُّ أُمَّةٖ تُدۡعَىٰٓ إِلَىٰ كِتَٰبِهَا ٱلۡيَوۡمَ تُجۡزَوۡنَ مَا كُنتُمۡ تَعۡمَلُونَ ٢٨ Artinya : Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan. (QS 45:28) Dijelaskan lagi dalam Surat Al Isro ayat 71 Tiap tiap Ummat akan dipanggil dengan pemimpinnya.
    يَوۡمَ نَدۡعُواْ كُلَّ أُنَاسِۢ بِإِمَٰمِهِمۡۖ فَمَنۡ أُوتِيَ كِتَٰبَهُۥ بِيَمِينِهِۦ فَأُوْلَٰٓئِكَ يَقۡرَءُونَ كِتَٰبَهُمۡ وَلَا يُظۡلَمُونَ فَتِيلٗا ٧١ Artinya
    : (Ingatlah) suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya; dan barangsiapa yang diberikan kitab amalannya di tangan kanannya maka mereka iniakan membaca kitabnya itu, dan mereka tidak dianiaya sedikitpun. (QS 17:71)

    Lalu dibagikanlah kitab kepada semua manusia, Orang yang berbakti kepada Allah, calon penghuni syurga, akan menerima Kitab ‘Illiyiin (kitab kebaikan); sebagaimana dijelaskan dalam surat Al Muthoffifin ayat 18-20: كَلَّآ إِنَّ كِتَٰبَ ٱلۡأَبۡرَارِ لَفِي عِلِّيِّينَ ١٨ وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا عِلِّيُّونَ ١٩ كِتَٰبٞ مَّرۡقُومٞ ٢٠ 18. Sekali-kali tidak, sesungguhnya kitab orang-orang yang berbakti itu di dalam ´Illiyyin 19. Tahukah kamu apakah ´Illiyyin itu 20. (Yaitu) kitab yang bertulis Diberikan kepada mereka dari sebelah kanan; dijelaskan dalam Surat Al Insyiqoq ayat 7,8,9 فَأَمَّا مَنۡ أُوتِيَ كِتَٰبَهُۥ بِيَمِينِهِۦ ٧ فَسَوۡفَ يُحَاسَبُ حِسَابٗا يَسِيرٗا ٨ وَيَنقَلِبُ إِلَىٰٓ أَهۡلِهِۦ مَسۡرُورٗا ٩ 7. Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya 8. Maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah 9. Dan dia akan kembali kepada keluarganya(yang sama-sama beriman) dengan gembira. Di jelaskan lagi dalam surat Al Haaqqoh ayat 19, 20, 21 فَأَمَّا مَنۡ أُوتِيَ كِتَٰبَهُۥ بِيَمِينِهِۦ فَيَقُولُ هَآؤُمُ ٱقۡرَءُواْ كِتَٰبِيَهۡ ١٩ إِنِّي ظَنَنتُ أَنِّي مُلَٰقٍ حِسَابِيَهۡ ٢٠ فَهُوَ فِي عِيشَةٖ رَّاضِيَةٖ ٢١ 19. Adapun orang-orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia berkata: “Ambillah, bacalah kitabku (ini)” 20. Sesungguhnya aku yakin, bahwa sesungguhnya aku akan menemui hisab terhadap diriku 21. Maka orang itu berada dalam kehidupan yang diridhai Tetapi bagi orang yang durhaka kepada Allah akan menerima kitab catatan perbuatannya dari sebelah kiri atau dari belakang punggungnya yaitu calon penghuni neraka, kitabnya berinduk di sijjin; yang dijelaskan dalam ayat-ayat berikut:Al Muthoffifin ayat 7,8,9

    كَلَّآ إِنَّ كِتَٰبَ ٱلۡفُجَّارِ لَفِي سِجِّينٖ ٧ وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا سِجِّينٞ ٨ كِتَٰبٞ مَّرۡقُومٞ ٩ 7. Sekali-kali jangan curang, karena sesungguhnya kitab orang yang durhaka tersimpan dalam sijjin 8. Tahukah kamu apakah sijjin itu 9. (Ialah) kitab yang bertulis Dijelaskan lagi dalam surat Al Insyiqoq ayat 10 – 13 وَأَمَّا مَنۡ أُوتِيَ كِتَٰبَهُۥ وَرَآءَ ظَهۡرِهِۦ ١٠ فَسَوۡفَ يَدۡعُواْ ثُبُورٗا ١١ وَيَصۡلَىٰ سَعِيرًا ١٢ إِنَّهُۥ كَانَ فِيٓ أَهۡلِهِۦ مَسۡرُورًا ١٣ 10. Adapun orang-orang yang diberikan kitabnya dari belakang 11. Maka dia akan berteriak: “Celakalah aku” 12. Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka) 13. Sesungguhnya dia dahulu (di dunia) bergembira di kalangan kaumnya (yang sama-sama kafir)


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s