KEMARAHAN

Sekedar ingin berbagi tentang apa yang pernah aku dapatkan dari salah satu tabloid tentang bagaimana mengatasi sikap marah,

wah…pasti kalian g’ pengen kan wajahnya terlihat marah-marah terus seperti gambar diatas… hehehe

nah artikel itu menjelaskan kayak gini nih, dibaca yah😀
Dalam kitabnya yang terkenal Ihya Ulamuddin, Imam Al Ghazali membagi sikap marah menjadi tiga bagian. Marah yang terpuji, marah yang tercela dan marah yang diperbolehkan.
Lebih lanjut al-ghazali menjelaskan, marah yang terpuji adalah marah yang timbul hanya karena semata-matakarena Allah ta’ala dan agamanya, firman Allah “ dan tak kala Musa telah kembali dengan kaumnya dengan marah dan sedih hati, dia berkata, “alangkah buruknya perbuatan yang kamu kerjakan sepeninggal kepergiaanku!…. “ Al-Araf
Kedua marah yag tercela, yaitu marah yang disebabkan kemaksiatan dan hawa nafdu, sedang marah yang diperbolehkan (mubah) adalah yang tak berkaitan dengan perbuatan maksiat. Berikut ini beberapa adab berkaitan dengan marah yang kadang terjadi pada dirikita.
1. Nabi juga pernah marah
Rasulullah SAW marah kecuali ada syariat Allah yang dilanggar, namun tetap disampaikan dengan bentuk nasihat kepada sahabatnya, diriwayatkan oleh aisyah ra berkat, beliau memerintahkan sahabat dengan perintah amalan yang disangggupi oleh mereka. Namun diantara mereka ada yang berkata: kami tak sama dengan keadaan engkau wahai Rasulullah, sungguh Allah telah mengampuni seluruh dosamu. Lalu beliau marah hingga tampak kemarahan pada wajahnya. Nabi bersabda: “sesungguhnya yang paling taqwa dan mengetahui tentang Allah adalah aku.” (Riwayat Bukhari)
2. Sedapat mungkin menahan marah
Dalam pandangan Islam, orang yang kuat adalah yang mampu menahan emosi ketika marah. Sabda Nabi, “Tidaklah kekuatan itu diukur dengan adu kekuatan (Gulat). Namun yang kuat itu adalah yang dapat mengendalikan dirinya ketika marah “ (Riwayat Bukhari)
3. Segera membaca ta’awwudz
Bila terlanjur marah, segera memohon perlindungan kepada Allah. Caranya dengan membaca ta’awwudz sebagaimana dicontohkan nabi. Sabda nabi, :sungguh aku ingin engajari satu ucapan seadainya ia ucapkan tentu kemarahannya akan hilang darinya. Yaitu, a’udzu billahi min as-syaithani ar-rajin.” (Riwayat Muslim)
4. Berusaha diam
Hal ini berat, tapi berusaha diam adalah perbuatan yang dianjurkan untuk meredam murka yang bergejolak. Nabi bersabda, apabila salah seorang diatara kamu marah maka diamlah.” (Riwayat Ahmad)
5. Merubah posisi
Kiat mengatasi marah adalah dengan mengubah posisi yang ada, hal ini disebutkan dalam sabda Nabi, “maka apabila alah seorang diantara kamu marah dalam keadaan berdiri maka duduklah, apabila dalam keadaan duduk maka berbaringlah.” (Riwayat Abu Daud)
6. Berwudhu atau mandi
Cara lain yang bisa ditempuh untuk meredam marah adalah mengambil air wudhu,” Rasulullah bersabda,” sesungguhnya marah itu dari setan dan setan terbuat dari api. Dan api itu hanya bisa dipadamkan oleh air. Oleh karena itu,jika seseorang diantara kamu marah maka berwudhulah.” (Riwayat Abu Daud)
7. Membiasakan berdo’a dan dzikir
Lisan yang senantiasa basah dengan do’a dan szikir niscaya hatinya menjadi tenang dan mampu menahan diri. Firman Allah, “……ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram. “ (Ar-Ra’du)
8. Ingatlah wasiat nabi
Suatu ketika seorang laki-laki berkata kepada Nabi : “berikanlah aku wasiat!” nabi menjawab, “ Jangan marah!” orang tersebut mengulangi permintaannya beberapa kali dan beliau tetap menjawab jangan marah. (Riwayat al-Bukhari).
9. Pintu menuju syurga
Sabda nabi. “Barangsiapa yang menahan amarahnya sedang ia mampu meluapkannya, maka Allah memanggilnya di kumpulan para makhluk. Allah memberinya keleluasan memilih bidadari yang ia senangi,” (Riwayat Tirmidzi dan Abu Daud).

Sumber: Hidayatullah

9 Comments

  1. mari kita belajar mengontrol emosi agar tidak meledak

  2. Orang marah itu sebenernya hal yang wajar, karena termasuk ekspresi😀
    Tapi..kalo terus2’an mah gak wajar banget.
    Cepet tuwir, hihihih…😀

    • bukan cuma cepat TUWIR,… tapi g’ wajar karena bisa-bisa disangka ORBA alias ORang gila BAru,😀

  3. Ya marah memang labih banyak keburukanya daripada baiknya.Apalagi buat orang yang nggak bisa nahan emosi wahhh…. bisa ngebunuh orang tuh klo lagi ngamuk!,wekekekekkk….

    • betul…betul…betulll, btw saat ini you g’ ngamuk khan? heheheh

  4. marah,,,,,sering dimarahin aku,,,,heheee,,,,
    ma ortu, disuruh nyuci sendiri gag mau,,,he😀
    waktu masih kecil dulu, biasalah,,,,,(ko’ curhat yak,,,)
    slam darie kendal http://wongkendal.wordpress.com

    • aku g’suruh ngaku loh,,,, hohoho….

      oke aku segera meluncur…rrrrrr

      • gag p2 ramenya salinig berbagi,,,,,
        ntar rame2 cerita ya,,,heheh😀 thank’s kunjungannya ke blog ane….

        kalo minat web joomlanya hubungi nie ajah : mifa_36@yahoo.com
        hehehe,,,,,😀 ;))


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s